Program studi Informatika Komputer mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Apa saja yang dipelajari di Informatika Komputer ?

Algoritma
adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

C++
adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.

Microsoft Visual Basic (VB)
merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).


Hypertext Markup Language (HTML)
adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Cascading Style Sheet (CSS)
aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

JavaScript (JS)
adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis.

jQuery
adalah pustaka JavaScript lintas-platform yang didesain untuk menyederhanakan client-side scripting pada HTML.

PHP
Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

MySQL
adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.


Contoh Perkerjaan yang berhubungan dengan Informatika Komputer

1.) Analisa Sistem

adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

2.) Programmer

adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan terdiri dari berbagai level, mereka handal dalam menulis kode, mengerti algoritma dan sering bekerja sendiri.

3.) Technical Support

adalah layanan yang diberikan perusahaan (terutama di bidang IT) untuk membantu customer dalam hal konfigurasi, pemakaian dan troubleshooting.

4.) Database Administrator

(DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager.

Standar Kemampuan Kelulusan

  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan bahasa inggris dan membaca, memahami jurnal – jurnal atau buku – buku komputer berbahasa inggris.
  2. Mampu melakukan instalasi dan Administrasi sistem operasi Microsoft Windows maupun Linux beserta troubleshooting nya.
  3. Mampu merancang Network Arcitecture dengan menggunakan Standar CISCO Network System.
  4. Dapat merakit dan melakukan troubleshooting perangkat keras komputer.
  5. Mampu merancang dan membangun sistem Informasi berbasis Desktop dengan bahasa Pemrograman Visual dengan menggunakan Visual Basic, VB.Net, Delphi, C + +, dan Java Programming.
  6. Mampu membangun Web Server, Database Server, DNS Server, Proxy Server berbasis Microsoft Windows maupun Linux.
  7. Mampu menjadi Database Administrator dengan menggunakan MS.Access, MS.SQL, My SQL dan Oracle.

Sasaran Pendidkan

Menghasilkan tenaga – tenaga Professional dibidang TI (Teknologi Informasi) yang mampu merancang & membuat Sistem Informasi berbasis desktop maupun web yang dibekali dengan kemampuan membangun Server Jaringan berbasis dual sistem (Microsoft Windows & Linux). Serta kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris menjadi nilai plus pada lulusan ini.