Google meluncurkan lini smartphone terbarunya yakni Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Rabu (10/10/2018) dini hari. Meski didera berbagai bocoran sebelumnya, Google tetap memberi banyak fitur baru yang tidak akan Anda dapat sebelumnya dari berbagai bocoran di internet.

Terlebih lagi, Google tentu tidak terlalu membanggakan bagian fisik smartphone besutannya. Alih-alih, divisi kamera dan juga kecerdasan buatanlah yang jadi primadona di lini Pixel 3 ini. Hal ini membuat Pixel 3 dan Pixel 3 XL jadi smartphone yang paling cerdas di kalangan smartphone papan atas lainnya.

Layar

Dari sektor layar, kini Pixel 3 dan Pixel 3 XL mengusung layar lebih lebar, yakni Pixel 3 mengusung bentang layar 5,5 inci dan Pixel 3 Xl 6,3 inci. Keduanya mengusung teknologi flexible OLED yang memiliki kontras tinggi, sudut penglihatan yang baik, serta warna yang lebih hidup.

Soal resolusi, Pixel 3 mengusung resolusi FHD+ atau 1080×2160 piksel. Sementara Pixel 3 XL mengusung resolusi lebih rapat yakni QHD+ atau 1440×2960 piksel. Soal resolusi ini, sayangnya meski lebih baik, Pixel 3 XL akan menyedot lebih banyak daya baterai.

Kedua smartphone ini juga dilengkapi sertifikasi HDR untuk masing-masing layarnya.

Dapur Pacu

Di sektor dapur pacu, terdapat prosesor octacore Snapdragon 845 dipadu RAM 4GB dengan memori internal 64GB ata 128GB. Pixel 3 sudah mengusung OS terbaru Androi 9.0 Pie. Semua hardware ini disuplai daya oleh baterai sebesar 2.915mAh.

Kamera

Di sektor kamera, lagi-lagi Google mengklaim diri sebagai yang terbaik. Google pun tak ikut arus dengan memasang dual kamera belakang (meski kali ini mereka memasangnya di depan), serta ‘hanya’ mengandalkan sensor 12MP saja.

Meski di atas kertas terlihat sederhana, Google lebih mengandalkan berbagai algoritma Google Image yang terpercaya untuk menganalisis ratusan juga foto dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Terdapat tiga fitur baru, yakni Top Shot, Super Res Zoom, serta Night Sight.

Top Shot adalah fitur yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan momen terbaik untuk mengambil gambar. Fitur ini dapat mengambil gambar secara otomatis dalam mode HDR+, lalu merekomendasikan gambar terbaik. Tak ada lagi gambar blur, tidak tersenyum, atau memejamkan mata. Semua tanpa Anda repot-repot memencet tombol shutter.

Fitur kedua adalah Night Sight yang digunakan untuk keadaan redup cahaya. Secara sederhana, Night Sight membuat foto Anda terlihat jadi terang meskipun dipotret di keadaan gelap dan tanpa flash.

Terakhir terdapat Super Res Zoom yang dapat memperbesar gambar (zooming) tanpa kehilangan kualitas gambar. Super Res Zoom menggunakan algoritma fotografi yang disebut computational photography, yang biasa digunakan di astronomi. Jadi, Google ingin membuat foto zoom yang baik, meski tanpa menyematkan dual kamera telephoto ke perangkatnya.

Tidak lupa, di samping kamera depan utama, terdapat kamera depan kedua dengan resolusi 8MP dan lensa wide-angle. Lensa ini akan membuat foto jadi makin lebar layaknya kamera aksi (namun tanpa distorsi berlebih), dan selfie akan muat lebih banyak orang.

Speaker Stereo

Pixel 3 dan Pixel 3 XL mengusung speaker stereo di bagian depan, meski dalam lembar spesifikasi tidak ditulis bahwa terdapat speaker berteknologi stereo di sana. Namun salah satu kelebihan dari speaker stereo milik Pixel 3 ini adalah fine-tuning dari seorang produser yang bertitel pemenang Anugerah Grammy. Tidak disebutkan siapa produser tersebut, namun Grammy tentu merupakan anugerah musik tertinggi yang seorang musisi bisa dapatkan.

Selebihnya, dengan menggunakan Pixel 3 atau Pixel 3 XL, Anda akan mendapatkan gratis 6 bulan layanan YouTube Music Premium.

Gigabit LTE

Karena Pixel 3 mengusung chipset terbaru Snapdragon 845, modem yang diusung bersamaan dengan chipset ini sudah memiliki kemampuan mengunduh dengan kecepatan 1GBps. Beberapa perusahaan layanan seluler sebenarnya belum sampai ke kecepatan tersebut, namun modem ini akan jauh lebih cepat dari smartphone biasa yang tidak mengusung modem Gigabit LTE.

Pengecasan daya nirkabel

Salah satu kelemahan Pixel 3 dan Pixel 3 XL adalah di sektor baterai yang tak sampai 3.000mAh. Namun Google juga menawarkan aksesoris berupa charger nirkabel yang bisa mengisi daya dengan cepat, tak sampai satu setengah jam untuk mengisi penuh.

Anti Air

Pixel 3 dan Pixel 3 XL megusung sertifikasi anti air IP67, yang sama dengan Pixel 2 tahun lalu. Meski demikian, kini Pixel 3 dapat ‘menyelam’ di kedalaman 5 kaki, lebih dalam ketimbang Pixel 2 yang hanya 3 kaki.

Harga dan Ketersediaan

Soal harga di varian 64GB, Pixel 3 dibanderol dengan harga 799 Dollar atau setara 12,2 juta Rupiah. Sementara Pixel 3 XL dibanderol 899 Dollar atau setara 13,7 juta Rupiah. Soal ketersediaan, biasanya smartphone Google Pixel tidak akan masuk Indonesia. Jikalau masuk, biasanya menggunakan distributor Global dengan harga yang lebih mahal. [idc]

Mari kita bahas satu persatu, seperti dilansir Merdeka.com pada Rabu (10/10/2018) dari Phone Arena.