Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebsite, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Mengenal Ajax dalam Pembuatan Website. AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX adalah teknik baru untuk menciptakan aplikasi web yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih interaktif dengan bantuan XML, HTML, CSS, dan Java Script. Ajax menggunakan XHTML untuk konten, CSS untuk presentasi, bersama dengan Document Object Model dan JavaScript untuk tampilan konten dinamis.

Aplikasi web konvensional mengirimkan informasi ke dan dari pemutusan menggunakan permintaan sinkron. Ini seperti halnya ketika Anda mengisi formulir pada sebuah websit ketika Anda menekan submit, dan diarahkan ke halaman baru dengan informasi baru dari server. Dengan AJAX, saat Anda menekan submit, JavaScript akan membuat permintaan ke server, menafsirkan hasilnya, dan memperbarui layar saat ini atau tampilan yang sedang Anda buka. Dalam arti yang paling murni, pengguna tidak akan pernah tahu bahwa ada yang bahkan dikirim ke server.

XML biasanya digunakan sebagai format untuk menerima data server, meskipun format apapun, termasuk teks biasa, dapat digunakan. AJAX adalah teknologi peramban web yang terlepas dari perangkat lunak server web. Pengguna dapat terus menggunakan aplikasi sementara program klien meminta informasi dari server di latar belakang.Intuitif dan interaksi pengguna alami. Mengklik tidak diperlukan, gerakan mouse adalah pemicu kejadian yang cukup.Data-driven berlawanan dengan halaman-driven.

AJAX adalah teknologi Rich Internet Application yang paling layak (RIA) sejauh ini. Ini menjadi momentum industri yang luar biasa dan beberapa tool kit dan kerangka kerja muncul. Tapi pada saat yang sama, AJAX memiliki ketidaksesuaian browser dan didukung oleh JavaScript, yang sulit dipertahankan dan debug. AJAX didasarkan pada Standar Terbuka.

AJAX didasarkan pada standar terbuka berikut –

  • Presentasi berbasis browser menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS).
  • Data disimpan dalam format XML dan diambil dari server.
  • Data di balik layar diambil menggunakan objek XMLHttpRequest di browser.
  • JavaScript untuk membuat semuanya terjadi