Apa itu Informatika?

Informatika (InggrisInformatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasiilmu komputerilmu informasiteknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatikainformatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:

  • teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
  • ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
  • ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan pemrograman yang berbasis komputer.
  • sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.
  • keamanan informasi ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data pada yang ada pada sistem atau komputers.
  • informatika sosial yang mengkaji aspek sosial dari TIK dalam perubahan sosial dan organisasional, penggunaan teknologi dalam konteks sosial, dan cara kelembagaan sosial teknologi informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan sosial dan praktik-praktik sosial/kemasyarakatan.

Dalam Pemahaman di Teknik informatika mempunyai aspek kedisiplinan dalam menguasai bidang ilmu informatika yang cukup luas. Informatika dalam prospek ke depan dalam dunia pekerjaan masa depan karena informatika berada dalam segala bidang ilmu membutuhkan sentuhan ahli dari ilmu informatika.

Informatika Komputer di LP3I

Standar Kemampuan Kelulusan

  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan bahasa inggris dan membaca, memahami jurnal – jurnal atau buku – buku komputer berbahasa inggris.
  2. Mampu melakukan instalasi dan Administrasi sistem operasi Microsoft Windows maupun Linux beserta troubleshooting nya.
  3. Mampu merancang Network Arcitecture dengan menggunakan Standar CISCO Network System.
  4. Dapat merakit dan melakukan troubleshooting perangkat keras komputer.
  5. Mampu merancang dan membangun sistem Informasi berbasis Desktop dengan bahasa Pemrograman Visual dengan menggunakan Visual Basic, VB.Net, Delphi, C + +, dan Java Programming.
  6. Mampu membangun Web Server, Database Server, DNS Server, Proxy Server berbasis Microsoft Windows maupun Linux.
  7. Mampu menjadi Database Administrator dengan menggunakan MS.Access, MS.SQL, My SQL dan Oracle.

Sasaran Pendidikan

Menghasilkan tenaga – tenaga Professional dibidang TI (Teknologi Informasi) yang mampu merancang & membuat Sistem Informasi berbasis desktop maupun web yang dibekali dengan kemampuan membangun Server Jaringan berbasis dual sistem (Microsoft Windows & Linux). Serta kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris menjadi nilai plus pada lulusan ini.