Per 31 Desember, WhatsApp Tak Bisa Lagi Dipakai di Ponsel-Ponsel Ini

Terbit: December 26, 2022 by Iknesia Contributor
iklan

JAKARTA – Gadget smartphone lama sering kali tak compatible lagi dengan sistem operasi yang saat ini yang berjalan di sejumlah aplikasi yang selalu mengalami update system. Termasuk di WhatsApp terbaru. Aplikasi perpesanan instan ini mengumumkan per 31 Desember 2022 nanti, WhatsApp sudah tidak lagi berfungsi di lebih dari 49 perangkat.

Oktober lalu, iPhone yang menjalankan iOS 10 dan iOS 11 diumumkan tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp. Pengguna smartphone Apple yang masih menggunakan iPhone lawas dengan sistem operasi atau OS tersebut harus ganti ke perangkat baru.

Berikut adalah daftar ponsel pintar lawas yang terkena dampak. Seperti sudah disinggung di atas, melalui pengumuman di blog resminya, ada total 49 gadget tua yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp:

– iPhone 5
– iPhone 5c
– Archos 53 Platinum
– Grand S Flex ZTE
– Grand X Quad V987 ZTE
– HTC Desire 500
– Huawei Ascend D
– Huawei Ascend D1
– Huawei Ascend D2
– Huawei Ascend G740
– Huawei Ascend Mate
– Huawei Ascend P1
– Quad XL
– Lenovo A820
– LG Enact
– LG Lucid 2
– LG Optimus 4X HD
– LG Optimus F3
– LG Optimus F3Q
– LG Optimus F5
– LG Optimus F6
– LG Optimus F7
– LG Optimus L2 II
– LG Optimus L3 II
– LG Optimus L3 II Dual
– LG Optimus L4 II
– LG Optimus L4 II Dual
– LG Optimus L5
– LG Optimus L5 Dual
– LG Optimus L5 II
– LG Optimus L7
– LG Optimus L7 II
– LG Optimus L7 II Dual
– LG Optimus Nitro HD
– Memo ZTE V956
– Samsung Galaxy Ace 2
– Samsung Galaxy Core
– Samsung Galaxy S2
– Samsung Galaxy S3 mini
– Samsung Galaxy Trend II
– Samsung Galaxy Trend Lite
– Samsung Galaxy Xcover 2
– Sony Xperia Arc S
– Sony Xperia miro
– Sony Xperia Neo L
– Wiko Cink Five
– Wiko Darknight ZT

Jika ponsel Anda masuk dalam daftar tersebut, agar terus bisa menggunakan WhatsApp maka Anda jelas harus meng-upgrade-nya ke model yang lebih baru.

Sepanjang tahun 2022 ini, WhatsApp diketahui cukup banyak hadir dengan beragam inovasi yang tidak diduga sebelumnya. Sekarang WhatsApp sudah lebih menyenangkan, usefull dan banyak fitur baru yang hadir untuk memudahkan pengguna.

Will Cathcart, Head of WhatsApp, baru saja mengumumkan tahun 2022 sebagai tahun inovasi terbesar di WhatsApp (link ke tweet). “2022 adalah tahun terbesar kami. Tim kami sangat bersemangat untuk membangun komunitas, reaksi, polling, avatar, panggilan video 32 orang, dan banyak lagi. Masih banyak lagi yang akan hadir di tahun 2023,” ujarnya melalui keterangan resmi seperti dilansir dari Jawapos.com.

Jika dihitung, tahun ini, WhatsApp menambahkan lebih dari 20 fitur baru termasuk komunitas, peningkatan pada grup, panggilan yang lebih baik, dan pesan suara. WhatsApp juga menambahkan, lebih banyak lapisan privasi di atas enkripsi end-to-end default terdepan di industri, cadangan terenkripsi, dan disappearing messages untuk membuat aplikasi perpesanan pribadi paling populer ini menjadi lebih pribadi jadi andalan ke depan. (jpc/jay)

iklan
tag--group Categories Teknologi

Related Posts

Leave a Comment