Xiaomi baru saja merilis duo Redmi Note 8 di Indonesia. Kedua ponsel yang terdiri dari Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro ini diluncurkan dalam sebuah acara yang digelar Xiaomi di Jakarta, Kamis (17/10/2019) . Meski sama-sama anggota Redmi Note 8, ada sejumlah perbedaan di antara kedua ponsel. Salah satu yang paling mencolok berasal dari sektor kamera. Redmi Note 8 Pro mengusung konfigurasi quad-camera yang terdiri dari kamera beresolusi 64 MP (f/1.9, wide), 8 MP (f/2.2, ultrawide), 2 MP (f/2.4, macro lens), dan 2 MP (f/2.4, depth sensor). 

Sementara itu, Redmi Note 8  dibekali konfigurasi kamera belakang yang serupa dengan versi “Pro”, hanya saja kamera utama ponsel tersebut beresolusi 48 MP (f/1.8, wide).  Tiga kamera lainnnya sama dengan milik Redmi Note 8 Pro. Keempat kamera belakang Redmi Note 8 Pro disusun secara vertikal dan diletakkan di bagian tengah atas bodi ponsel, sedangkan susunan kamera Redmi Note 8 terletak di sisi kiri atas.  Selain kamera belakang, perbedaan juga bisa dilihat di kamera selfie. Redmi Note 8 Pro dibekali kamera depan 20 MP (f/2.0), sementara milik Redmi Note 8 beresolusi 13 MP (f/2.0). Kamera selfie pada kedua ponsel ini disematkan di dalam poni (notch) dengan model yang sama, dengan gaya ala tetesan air (waterdrop).

Beda layar, SoC, baterai, dan NFC Selain aspek kamera utama di bagian depan dan belakang yang berbeda, sejumlah komponen hardware kedua perangkat juga berlainan. Pada aspek display, ukuran layar Redmi Note 8 Pro sedikit lebih besar yakni 6,53 inci, sementara Redmi Note 8 berdiagonal 6,3 inci. Jenis panel dan resousi layar keduanya serupa (IPS LCD, Full HD Plus), demikian juga aspect ratio yang sama-sama 19,5:9. Dapur pacu Redmi Note 8 Pro mengandalkan chip Mediatek Helio G90T, sementara Redmi Note 8 ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 665.

Perbedaan lain bisa ditemukan di varian kombinasi RAM dan memori internal. Redmi Note 8 memiliki storage lebih besar, mencapai 128 GB. Media penyimpanan dari varian tertinggi Redmi Note 8 Pro hanya sebesar 64 GB. Untuk Redmi Note 8, ada tiga varian RAM dan memori internal, yang terdiri dari 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB. Redmi Note 8 Pro memiliki dua varian, yaitu 6/64 GB dan 6/128 GB. Untuk urusan daya, Redmi Note 8 Pro ditopang dengan baterai 4.500 mAh, lebih besar dari Redmi Note 8 yang baterainya berkapasitas 4.000 mAh. Kedua ponsel sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 18W.   Untuk sistem operasinya, kedua ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10. Perbedaan lain yang tak kalah penting adalah hadirnya fitur Near Field Communication (NFC) di Redmi Note 8 Pro. Fitur komunikasi wireless yang satu ini biasa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo kartu uang elektronik dan berbagai keperluan lain. 

Berikut daftar Mi Store yang sudah disambangi oleh Redmi Note 8. Wilayah Jabotabek: – AEON Mall BSD City – Botani Square, Bogor – Summarecon Mal Serpong – ITC Roxy Mas – Mall Emporium – Mall Kelapa Gading – Metropolitan Mall Cileungsi – Metropolitan Mall Bekasi – Pondok Indah Mall – Kota Kasablanka Wilayah luar Jabotabek: – Suzuya Mall, Aceh – Center Point Medan – Mall Kartini, Lampung – Palembang Square – Cihampelas Walk, Bandung – Grage Cirebon – DP Mall, Semarang – Rita Supermall, Purwokerto – Plaza Ambarukmo, Yogyakarta – Galaxy Mall 3, Surabaya – MOG, Malang – Panakukang Makassar – A Yani Megamall, Pontianak – Teuku Umar, Bali

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Xiaomi Indonesia: Redmi Note 8 Habis Dipesan, 20.000 Unit dalam 5 Menit”, https://tekno.kompas.com/read/2019/10/23/14360057/xiaomi-indonesia-redmi-note-8-habis-dipesan-20000-unit-dalam-5-menit.
Penulis : Bill Clinten
Editor : Reza Wahyudi